Minggu, 29 April 2012

Hari Kiamat Telah Datang Tanda-tandanya


Pembahasan tentang tanda-tanda kiamat, mempelajari dan mengajarkannya adalah perkara yang sangat penting saat ini, karena banyak manusia yang beralih kepada dunia dan mengejarnya sehingga membuat mereka melupakan akhirat dan melupakan persiapan menghadapi kehidupan akhirat. Maka pembahasan tentang tanda-tanda hari kiamat dan menyampaikannya kepada manusia akan meningkatkan keimanan hati , serta memotivasi agar memperbanyak amal shalih dan persiapan menghadapi kehidupan akhirat [Kitab Asyratus-sa’ah Dr. ‘Abdullah bin-Sulaiman Al-Ghafily, 169].

Betapa pentingnya pembahasan tentang tanda-tanda kiamat , hingga para ulama dari dahulu hingga sekarang banyak menulis kitab tentang tanda –tanda hari kiamat, diantaranya : As-Sunnah wal Fitan oleh Abdurrahman bin Mahdi (wafat 198 H), Al-Fitan oleh ibnu Abu Syuaibah (235 H), Asyratus-Sa’ah oleh Abdul Ghani Al-Maqdisi (600 H), An-Nihayah fil Fitan wal Malahim oleh Ibnu Katsir (774 H), dan lain-lain.

Tanda – tanda Hari Kiamat
Yang dimaksud tanda-tanda hari kiamat adalah tanda-tanda yang menunjukan dekatnya kejadian hari kiamat. Diantara dalil adanya tanda kiamat adalah firman Allah yang berarti : “Maka, tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat?(yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya, maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apbla kiamat sudah datang?” [QS. Muhammad , 18]. Tanda-tanda hari kiamat terbagi menjadi 3 macam yaitu :
  1. Tanda yang kecil, tanda kiamat yang kecil sudah terjadi dan tidak ada lagi.
  2. Tanda yang sedang, tanda kiamat sedang senantiasa terjadi dan akan terus berlangsung.
  3. Tanda yang besar, jika tanda kiamat yang besar terjadi, maka tanda yang lain akan menyusul dan menandakan kiamat sudah dekat.

Diantara Tanda-tanda kiamat
Diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasalam
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “ditsna aku (menjadi nabi dan rasul) dan kiamat adalah seperti ini. (nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah) [HR. Al-Buchary, dari Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu].
Beliau Shallallahu ‘alaihi wasalam adalah nabi sekaligus rasul yang terakhir dan tidak ada lagi nabi sesudah beliau. Yang ada setelah beliau Shallallahu ‘alaihi wasalam adalah terjadinya kiamat, seperti urutan jari telunjuk kemudian jari tengah sebagaimana disebutkan dalam hadits tersebut.

Terbelahnya bulan di zaman nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasalam.
Allah Berfirman “saat sehari kiamat semakin mendekat, bulan pun terbelah” [QS. Al-Qamar 1-2]. Imam Ibn Katsir rahimahulah berkata “Ini benar-benar terjadi di zaman rasululah Shallallahu ‘alaihi wasalam sebagaimana ada disebutkan dalam hadits mutawattir dengan sanad yang shahih. Dan ini merupakan perkara yang telah disepakati para ulama, bahwa terbelahnya bulan benar-benar terjadi di zaman rasululah Shallallahu ‘alaihi wasalam dan termasuk salah satu mukjizat yang sangat jelas.”

Munculnya para pendusta yang mengaku sebagai nabi, kemudian diakhiri dengan keluarnya Dajjal. Sesungguhnya salah satu cirinya adalah matanya buta sebelah.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “tidak akan ada kiamat sampai dibangkitkannya para Dajjal yang pendusta  jumlahnya mencapai 30 orang mereka semua mengaku bahwa mereka utusan Allah.” [HR. Al-Buchary].
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam uga bersabda “Ditengah-tengah ummatku akan ada para Dajjal pendusta(yang jumlahna) 27orang, diantara mereka 4 wanita. Dan sesungguhnya aku penutup para nabi, tidak ada nabi setelah aku.” [HR. Ahmad].

Diangkatnya ilmu, dan tampaknya kebodohan, khamer dan zaina
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda “Sesungguhnya termasuk tanda-tanda akan terjadinya kiamat adalah diangkatnya ilmu, bercokolnya kebodohan, diminumnya khamer, dan tampaknya perzinahan.” [HR. Al-Buchary]

Tampaknya praktek riba
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda “menjelang kiamat, riba akan nampak.” [HR. Thabrany]. Catatan : yang termasuk dala riba adalah bunga (bunga tabungan, bunga pinjaman dll).

Budak perempuan melahirkan  majikannya dan penggembala miskin menjadi kaya lalu mereka berlomba-lomba memperindah rumah mereka.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam pernah menjelaskan beberapa tanda hari kiamat sebagai berikut : “seorang budak perempuan melahirkan majikannya dan engkau menjumpai orang yang tidak beralas kaki, tidak memiliki pakaian yang cukup hidup dalam kekurangan (fakir) dan menggembala kambing, mereka berlomba-lomba meninggikan dan memperindah rumah (setelah menjadi kaya-raya).” [HR. Muslim]

Dan masih banyak lagi tanda-tanda yang lain seperti jumlah wanita yang lebih banyak dari laki-laki, tersebarnya alat-alat musik, serta alat-alat memelalaikan lainnya, manusia mempermegah masjid tetapi tidak memakmurkannya, banyaknya gempa bumi, dan lain-lain.

Diantara Tanda-tanda Besar Hari Kiamat
Tanda-tanda kiamat yang besar ini, jika telah muncul salah satunya maka yang lain segera menyusul dan menandakan , bahwa kiamat sudah dekat. Tidak diketahui urutan antara suatu tanda dengan tanda yang lainnya, kecuali beberapa tanda saja. Diantaranya adalah hadits nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam yang mengumpulkan tanda kiamat, yang artinya : “Sesungguhnya kiamat tdak akan erjadi sampai kalian melihat 10 tanda, (lalu nabi Shallallahu ‘alaihi wasalammenyebutkan), asap, Dajjal, Hewan melata, terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya nabi ‘Isa, Ya’juj da Ma’juj, tiga gerhana, gerhana di timur di barat, dan di jazirah Arab, dan terakhir adalah api yang eluar dari Yaman yang menggiring manusia ketempat berkumpulnya mereka.” [HR. Muslim (4/2225/2226)].

Sebelum kaiamt, Allah juga mengeluarkan mahluk yang berbicara kepada manusia, emberi mereka tanda pada kening mereka sehingga jeaslah mana yang muslim dan mana yang kafir. Allah berfirman, “Dan apabila perkataan (ketentuan hari kiamat) telah berlaku atas mereka, kami keluarkan mahluk bergerak yang melata dari bumiyang akan mengatakan pada mereka, bahwa manusia dahulu tidak yakin pada ayat – ayat Alah.”
[QS.An-Naml, 82].

Semoga kita termasuk golongan orang yang beriman hingga akhir hayat dan akhir masa, sehingga tidak menyaksikan dahsyatnya hari kiamat yang sangat mengerikan sebelum eraka yang jauh lebih mengerikan dan menyakitkan siksaannya. Amin …

Sumber :
Buletin Dakwah Al-Minhaj edisi 42 tahun VI / 20 Jumada Al Ula 1443 H / 20 April 2012

Tidak ada komentar: