Minggu, 16 Juni 2013

Laporan Akhir ke 4 UML

Langsung saja.



LA kali ini membahas tentang proses sesorang berobat kerumah sakit yang digambarkan dalam Sequence Diagram dan Class Diagram. Untuk Sequence Diagram bisa melihat gambar dibawah ini.


Penjelasan : Sequence Diagram adalah diagram yang menggambarkan hubungan keterlibatan suatu objek yang pada diagram ini terdiri dari Pasien, Petugas registrasi, Dokter dan Kasir. Keempat objek tersebut membentuk sebuah sistem dimana aktifitas antara objek tersebut dihubungkan dengan tanda panah. Contohnya adalah pasien melakukan pendaftaran berobat ke petugas registrasi seperti yang tercantum pada aktifitas no.1 Sequence Diagram tsb.

Berikutnya untuk Class Diagram bisa dilihat pada gambar di bawah ini


Penjelasan : Class Diagram menunjukkan hubungan antar entitas lengkap bersama attributnya, contoh : entitas Dokter dengan Attributnya yaitu id_dokter, nama dan spesialis. Attribut yang terdapat dalam entitas tersebut pun mendapat 3 pilihan yaitu
·         Add           : untuk menambahkan nama pasien.
·         Edit           : untuk merubah nama pasien yang sudah ada (kalau ada kesalahan).
·         Delete        : untuk menghapus nama pasien (kalau pasien sudah keluar dari rumah sakit).

3 pilihan di atas juga berlaku untuk entitas yang lain.

Mudah-mudahan serangkaian laporan akhir mengenai UML yang saya sajikan disini dapat membantu para pembaca sekalian. Lebih dan kurangnya saya mohon maaaf. Wassalam.

Tidak ada komentar: